Sabtu, 27 Juli 2013

KELUARGA SYAIKHUNA


 
K.H. Zubair Dahlan ( Ayah )
Kehidupan Semasa Kecil
K.H. Zubair Dahlan dilahirkan pada tahun 1323 H di daerah pesisir pantai, tepatnya di desa Karangmangu, Sarang Rembang. Suatu daerah yang merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beliau adalah putra ke-2 dari Kyai Dahlan dan Ibu Nyai Hasanah. Pada masa kecilnya, beliau tumbuh dan berkembang keilmuwannya di bawah bimbingan ayahandanya. Dalam ta'allum (pendidikan), beliau belajar membaca Al-Qur'an dan ilmu-ilmu dasar agama Islam langsung di bawah pantauan kakek beliau, Kyai Syua'ib yang sudah masyhur dengan kealimannya. Sehingga pada umur yang relatif sangat muda (6 tahun), beliau sudah dapat membaca Al-Qur'an dengan baik disertai dengan tajwid-tajwidnya. Sejak kecil beliau terkenal dengan kecerdasannya, serta memiliki himmah yang kuat untuk mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu agama. Dalam bimbingan kakeknya, beliau dapat mempelajari bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan agama Islam. Adapun dalam bidang sastra dan gramatika Arab, beliau dibimbing langsung oleh ayahandanya. Dalam bidang ilmu fiqih beliau menghatamkan kitab Taqrib dari paman beliau Kyai Ahmad bin Syua'ib. Sedangkan kitab Fathul Wahab beliau mengaji di bawah bimbimgan Kyai Fathur Rohman bin Kyai Ghozali.
Rihlah 'Ilmiyyah K.H. Zubair Dahlan
Kehausan beliau dalam mendalami pengetahuan ilmu agama tidak cukup hanya di daerah kelahiran saja. Bertepatan pada usia ke-17 beliau pergi ke Makkah Al- Mukarromah bersama dengan kakek dan neneknya, Kyai Syua'ib beserta istri. Beliau tinggal di sana selama tiga tahun bersama pamannya, Kyai Imam Kholil. Dalam kesempatan ini, beliau menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari para ulama' Al-Harom As-Syarif. Diantaranya, Kyai Baqir Al-Jokjawy (Yogyakarta). Dari Kyai Baqir ini, beliau mendalami ilmu-ilmu Hadis, Tafsir Jalaalain, Sarah Imam Al-Mahally dan lain-lain. Dan dari Syekh Al 'Alamah Hasan Al-Yamany, putra Syekh Sa'id Al-Yamany, beliau mempelajari ilmu gramatika Arab, misalnya, Syarah Matan Al-Jurumiyyah, Syarah Al 'Alamah Kafrawi dan lain sebagainya. Sehingga pada suatu ketika beliau pernah disuruh gurunya untuk mengi'robi suatu lafazh  مررت بزيد ,ضرب زيد عمرا beliau berkata, "Marortu fi'l madhi mabniy 'alas sukun, At taa` merupakan dhomir yang mabniy dhommah yang statusnya menjadi fa'il dari مرّ . Dari kejadian itulah beliau diberi julukan oleh gurunya dengan julukan "Zubair Al- Kuffy".
Selang beberapa waktu berlalu, beliau kembali ke tanah Jawa bersama sang paman, Kyai Imam Kholil. Namun, pendalaman ilmu agamanya tidak cukup hanya sampai di situ saja. Meskipun sudah belajar di Makkah, beliau masih melanjutkan berguru kepada Syekh Al 'Alamah Kyai Faqih bin Abdul Jabbar Maskumambang. Di bawah bimbingan Kyai Faqih, beliau mempelajari berbagai bidang ilmu, diantaranya, kitab Tafsir, Jam'ul Jawami', Syarah Ummul Barahin (bidang aqidah). Pada kesempatan ini, beliau mendapatkan ijazah dari gurunya ini, yang termaktub dalam suatu kumpulan, yang diberi nama "Kifayatul Mustafid". Di sini dicatat sanad-sanad Kyai Zubair dari jalur Syaikh Muhammad Mahfud bin Abdullah At Turmusiy.
Pada tahun 1371H, beliau berangkat ke Makkah Al-Mukarromah lagi bersama para jamaah haji dari Indonesia untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima. Pada waktu ini, beliau bertemu dengan seorang yang 'alim, yang mulia Sayyid Alawi bin Abbas Al-Maliky. Dalam kesempatan ini beliau mengikuti majlisul ilmi yang diasuh Sayyid Alawy, yang bertempat di Babussalam (pintu yang berada di tempat sa'i). Beliau sangat kagum dengan apa yang disampaikan oleh Sayyid Alawy, karena penyampain Sang Sayyid disampaikan dengan bahasa yang fushah (ejaan yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Arab) dan ta'bir-ta'bir yang bagus. Dan pada waktu haji itu juga, beliau bertemu dengan seorang yang 'alim dari Indonesia yang telah menetap di Makkah, asy Syeikh al 'Allamah al Ustadz Yasin Bin Isa Al Fadaniy. Di sela-sela pertemuan yang singkat itu, beliau di ijazahi oleh syaikh Yasin seluruh kitab yang telah beliau pelajari (ijazah muthlaqah).
Kepribadian, Husnul Huluq Dalam Berprilaku
K.H. Zubair merupakan salah satu figur yang patut sebagai teladan kita semua, khususnya para santri. Di antara sekian banyak sifat-sifat beliau, ada beberapa yang menonjol, yaitu ketekunan dalam memperdalam pengetahuan agama, sifat lemah lembut dan mengasihi orang yang lemah dan orang-orang fakir. Selain itu, beliau juga sangat senang dengan santri, berpegang teguh dengan sunah-sunah dan sejarah-sejarah ulama' salafus sholih. Beliau juga sosok yang sangat menjauhi bid'ah-bid'ah yang melenceng dengan ajaran-ajaran syari'at Islam. Walaupun dengan kebencian ini, beliau akan mendapat gunjingan maupun celaan dari orang yang tidak menyukai apa yang dilakukan.
Setelah perjalanan panjang dalam pencarian pengetahuan agama ke berbagai daerah. Bertepatan dengan umur 23 tahun, beliau mulai ikut berpartisipasi mengajar di Pon-pes di daerah kelahirannya (Sarang). Santri-santri di sana sangat antusias ingin belajar kepadanya, dengan bukti pada waktu mengajar, tempat pengajian selalu penuh. Beliau mengaji meliputi kitab-kitab yang kecil, seperti Matan at Taqrib, al Ujrumiyyah, Aqidatul Awam. Dan juga ada kitab-kitab yang besar seperti Ja'ul Jawami', Tafsir al Baidhowi, beserta kitab-kitab karya al Imam Al-Mahalli.
Seluruh umur K.H. Zubair dicurahkan semuanya untuk mengajar ilmu-ilmu agama Islam. Dalam rutinitas tiap bulan Romadhon, beliau mbalah (membaca) Tafsir Jalalain. Prilaku ini merupakan kebiasaan tiap tahun. Menginjak umur yang makin sepuh (60 tahun), beliau lebih banyak membaca kitab-kitab di bidang tasawuf seperti kitab Minhajul 'Abidin, Kitab al Hikam, dan Kitab Ihya` 'Ulumiddin yang menemani dan mengiringinya sampai beliau wafat.
Keluarga K.H. Zubair Dahlan
Pada usia 24 tahun, beliau menikah dengan putri sang paman (dari ibu), Mahmudah binti Kyai Ahmad bin Syua'ib. Dari pernikahan itu, beliau dikaruniai oleh Allah lima putra dan putri. Tapi, semuanya meninggal pada waktu masih kecil, kecuali satu yang masih hidup sampai sekarang, yaitu Syaikh K.H. Maimoen Zubair. Selang berapa tahun kemudian istri beliau meninggal. Tepatnya pada bulan Jumadil Akhir tahun 1358 H. Kemudian beliau menikah lagi dengan Aisyah binti Kyai Abdul Hadi dari keluarga Burna. Pada pernikahan kedua ini, beliau di karuniai lima putri, Halimah, Sai'dah, 'Afifah, Sholihah, Salamah, dan satu putra, yaitu K.H. Ma'ruf Zubair.
Karya-Karya K.H. Zubair Dahlan
Dalam kesibukannya setiap hari, KH. Zubair masih menyempatkan diri untuk mengarang beberapa kitab. Diantaranya, Kitab Manasik Haji, Nazhm Risalah As Samarqondiyah yang diberi nama Al-Qolaid Fi Tahqiqi Ma'na Isti'aroh, dan beberapa nazhm (pantun) mengenai Rumus-Rumus Fuqoha'. Beliau juga membuat beberapa Sya'ir mengenai etika, hisab dan lain sebagainya. Misalnya sya'ir dalam hal kesabaran dalam urusan rizqi:
لاَ تَعْجَلَنَّ فَلَيْسَ الرِّزْقُ بِالْعَجَلِ * اَلرِّزْقُ يَأْتِيْ بِلَا رَيْبٍ مَعَ الْأَجَلِ
فَلَوْ صَبَرْتُمْ لَكَانَ الرِّزْقُ يَأْتِيْكُمْ * لَكِنَّهُ خُلِقَ الْإِنْسَانُ مِنْ عَجَلٍ
Artinya;
Janganlah kalian tergesa-gesa tentang urusan rizqi, Karena rizki tidak datang dengan tergesa-gesa tanpa keraguan.
Apabila kalian bersabar, niscaya rizqi akan mendatangi kalian. Tetapi manusia diciptakan dengan (bertabiat) tergesa-gesa.
Pulang Ke Rahmatullah
Seperti keseharian yang dijalankan, yaitu mengajar ilmu-ilmu agama. Sehingga bertepatan dengan bulan Sya'ban, atas permintaan sebagaian santri, beliau meneruskan pembacaan kitab Ihya 'Ulumuddin juz ke-4. Kitab ini Alhamdulillah beliau khatamkan pada permulaan sepuluh hari terakhir pada bulan Sya'ban (21 sya'ban). Kemudian pada bulan Ramadhon, seperti rutinitas tiap bulan Ramadhan sebelumnya, beliau mbalah (membaca) kitab Tafsir Jalalain. Dan ini merupakan kitab terakhir yang dibaca sebelum wafat. Tiba-tiba pada tanggal 10 Romadhon beliau mengalami sakit panas. Sakit ini, makin lama semakin bertambah hingga akhir hayatnya. Ini bertepatan dengan terbenamnya sang surya pada malam Selasa setelah maghrib hari ke-15 bulan Ramadhon tahun 1389H, beliau wafat pada umur yang ke-65, hidup dengan sederhana dan meninggal dalam kesedarhanaan pula.
(يعيش فقيرا ويموت فقيرا)
Semoga K.H. Zubair Dahlan mendapat rahmat dari Allah dan di tempatkan di surga al-Firdaws. Amin ya Robbal 'alamin.

Ibu Nyai.Hj. Sa’idah Ahmad Zaini (Saudara Syaikhina Maimoen)
Ibu Nyai.Hj. Sa’idah Ahmad Zaini adalah putri dari K. Zubair Dahlan dan Ibu Nyai.Hj. Aisyah binti K. Abdul Hadi yang menikah dengan K.H. Ahmad Zaini bin K. Mansur Sidoarjo.
Dari pernikahan dengan K.H. Ahmad Zaini, Ibu Nyai.Hj. Sa’idah Ahmad Zaini hanya dikaruniai putra satu, yaitu Ag. K.H. Ahmad Faishol Mu’ith


Ibu Nyai. Hj. Afifah Abdul Wahid (Saudara Syaikhina Maimoen)
Ibu Nyai.Hj. Afifah Abdul Wahid lahir di Sarang pada tahun 1957 M. Beliau adalah putri dari K. Zubair Dahlan dan Ibu Nyai.Hj. Aisyah binti K. Abdul Hadi.
Dalam masalah belajar ilmu agama, beliau mendapat bimbingan langsung dari kedua orang tua beliau sendiri. Selain itu, beliau juga belajar di madrasah mulai jenjang Ibtidaiyyah sampai Tsanawiyah. Dan juga beliau berguru kepada K.H Abdul Majid.
Usai belajar, beliau dinikahkan dengan K.H. Abdul Wahid bin K.H. Abul Khoir dari Sawidang Kebonharjo Jatirogo Tuban Jawa Timur. Yang mana dari pernikahan ini beliau dikaruniai lima putra dan dua putri. Semuanya yaitu :
  1. Ng. St. Mukhlishah
  2. Ng. St. Zulfa
  3. Ag. Abdullah Anas
  4. Ag. Abdullah Aufa
  5. Ag. Abdullah Mubarrak
  6. Ag. Abdullah Zubair Akmal
  7. Ag. Abdullah As’ad
 
Ibu Nyai.Hj. Sholihah Ahmad Sadid Djauhari (Saudara Syaikhina Maimoen)
Ibu Nyai.Hj. Sholihah Ahmad Sadid Djauhari adalah putri dari K. Zubair Dahlan dan Ibu Nyai.Hj. Aisyah binti K. Abdul Hadi yang menikah dengan K.H Ahmad Sadid putra dari K. Djauhari Zawawi dan Ibu Nyai. St Sa’adah dari Kencong Jember Jawa Timur.
Dari pernikahan tersebut, beliau dikaruniai enam putra dan putri. Semuanya yaitu :
  1. Ag. M. Alawi
  2. Ng. St. Umamah
  3. Ag. Baha’udin Zuhair
  4. Ng. Mahdiah Fitriyyah
  5. Ag. Hasyim Mahmud
  6. Ag. Ahmad Shofi

K.H. Ma’ruf Zubair (Saudara Syaikhina Maimoen)
Beliau dilahirkan Pada Tanggal 22 Mei 1958 M (3 Dlulqo’dah 1377 H) di Sarang. Beliau tidak menikmati indahnya kasih sayang dari Sang Ayahhanda karena di usianya yang masih sangat belia, beliau ditinggal wafat Sang Ayahhanda, K. Zubair Dahlan. Tepatnya ketika masih berumur 10 tahun. Namun justru dalam waktu yang sangat singkat itu, Islamic character buildin yang ditanamkan K. Zubair Dahlan sangat terpatri dalam pribadi K.H. Ma’ruf Zubair, hingga kelak menjadi tokoh panutan umat.
Dalam bimbingan langsung K. Zubair, K.H. Ma’ruf Zubair memulai pegembaraan keilmuannya. Dan sepeninggal ayah handanya, samudra ilmu masyayekh Sarang beliau arungi, hingga akhirnya beliau telah bermetamorphose dari Maruf kecil yang lincah dan menggemaskan, kini menjadi seorang yang alim yang disegani banyak orang.
Tersugesti dari sang ayah yang sangat mashur akan keilmuannya, membuat beliau tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah ia dapatkan di Sarang. Semangatnya terus kerkobar untuk terus menggapai mutiara yang masih terpendam jauh di dasar samudra. Layar pun kembali beliau bentang, hingga akhirnya, pelayaran keilmuannya berlabuh di pondak pesantren Al-Barokah Cilacap Jawa Tengah.
Di bawah bimbingan ‘Allaah Syaik Mas’ud bin Muhyidin, beliau kembali mengasah kecerdasan yang diwarisi dari ayahandanya. Berbagai macam disiplin ilmu beliau geluti.Tidak hanya ilmu agama, pengetahuan umum sekalipun banyak dikuasi. Wawasannya begitu luas, keilmuannya sudah mengakar dalam sanubarinya, mencengkram kuat laksana batu karang yang tidak mungkin oleng oleh hempasan Tsunami sekali pun.
Setelah kembali ke tanah kelahiran, beliau mempersunting Ibu Nyai Hj. Anis Chanifah binti K.H Moh. Zayadi dari Probolinggo. Dari pernikahan ini, beliau dikaruniani empat putra-putri. Semuanya yaitu :
  1. Ng. Mahsunah Hasanah
  2. Ag. Chaizussyaraf
  3. Ag. As’ad Hariri
  4. Ag. Ahyad Mas’udi
Dengan segudang kempuan dan keahlian yang beliau miliki, K.H. Ma’ruf Zubair berbagi ilmu dengan ribuan umat yang telah menunnggunya. Bersama kakak iparnya, K.H. Abdurrahim bin Ahmad, beliau meneruskan perjuangan Sang Ayahhanda di pondok pesantren MUS. Fathul Muin menjadi bidang spesialisasinya setiap ba’da Ashar. Ratusan santri berjejal mengisi setiap ruang kosong aula PP. MUS untuk mendergarkan keterangannya yang sangat menarik dan mudah dicerna.
Dengan teknik mengajar yang handal, fathul Mu’in yang dianggap susah untuk difahami menjadi mudah untuk dikaji. Ditambah lagi dengan penguasaan gramatika arabnya yang sudah mendarah daging yang diterapkan di setiap lafadz-lafadz kitab yang dikajinya. Hal itu menjadikan semua kitab yang paling susah sekali pun menjadi mudah dicerna dan gampang dipaham.
Wawasannya yang luas dan joke-jokenya yang penuh dengan falsafah kehidupan membuat semua orang yang berada di depannya betah mengaji berlama-lama dengan beliau. Selain di PP. MUS, beliau juga mengabdikan diri dengan mengajar di Madrasah Ghozaliyah Sya’fi’iyyah. Kontribusinya sangat besar dalam dinamika MGS. Di tengah tuntuan untuk memasukkan MGS ke dalam kurikulum formal, beliaulah yang paling getol menentang formal. Hal itu dilakukukan bukan berarti beliau tdak sadar dengan pentingnya formal, tapi karena adanya faktor yang akan menggerus identitas MGS yang dirintis oleh the Founding Father, para Masyayeh sejak lama madrasah ini berdiri.
Dalam beberapa akhir ini, di MGS beliau berkonsentrasi dalam fan tafsir di tingkat II dan III Aliyah. Kesehatannya yang sudah mulai terganggu tak menyurutkan semangatnya untuk tetap hadir mengajar demi menyapa murid-murid yang dengan setia menunggunnya. Bahkan urusan fisik madrasaah pun tidak luput dari perhatiannya. Setiap pagi beliau mengelilingi areal MGS untuk meninjau kondisi madarasah. Bahkan dalam keadaan sakit pun beliau tetap melakukan hal itu. Di MGS jabatannya adalah sebadai wakil dari kakaknya, Syaikhina Maimoen Zubair, yaitu sebagai mudir ‘Am II. Amanah itu beliau emban hingga Allah swt memanggilnya di hari yang sangat mulia dan bulan yang penuh dengah berkah.
Beliau wafat pada hari Jum’at 7 Ramadhan 1430 gertepatan dengan 28 Agustus 2009. Beliau menyandang usia 51 tahun. Semoga Allah swt melapangkan jalannya dan menempatkan beliau dalam surga firdaus-Nya. Dan semoga Allah swt menghadirkan sosok yamg seperti K.H. Ma’ruf Zubair dari geenerasi-generasi yang setelah beliau. Amiin
 
 
Ibu Nyai.Hj. Chalimah Abdurrahim (Saudara Syaikhina Maimoen)
Di Sarang beliau dilahirkan, tepatnya tanggal 1 Juli 1941 M. Beliau adalah putri dari K. Zubair Dahlan dan Ibu Nyai.Hj. Aisyah binti K. Abdul Hadi.
Sejak kecil beliau selalu mendapat bimbingan ilmu agama dari ayah beliau sendiri yang sudah mashur kealimannya hingga tiba saatnya beliau dipinang oleh K.H. Abdurrahim bin Ahmad bin Syu’aib, pengasuh PP. MUS Sarang.
Dari pernikahan ini, beliau dikaruniahi sembilan momongan yang terdiri dari lima laki-laki dan empat putri. Semuanya yaitu :
  1. Ag. M. Syifa’ (Alm)
  2. Ag. K.H. M Adib
  3. Ag. K.H. Sa’id
  4. Ng. Hj. Faridah Ubaidillah
  5. Ng. Hj. Muayyadah Hafidz
  6. Ng. Hj. Khalishatul Ilmiyyah Junaid
  7. Ag. M. Anwar (Alm)
  8. Ng. Hj. Falichah Muhsinin
  9. Ag. M. Ahdal

Ibu Nyai Hj. Masthi'ah (Istri)
Pondok pesantren putri Al-Anwar sebagai institusi pendidikan Islam yang selalu mempersiapkan generasi penerus yang fleksibel di tengah masyarakat yang multiproblem. Menyongsong peradaban yang sarat dengan materi, maka menelusuri jejak tokoh dan sekaligus kepiawaianya jelas sangat penting .
Nama dan Silsilah
Secara genealogis ibu Nyai Hj. Masti'ahberasal dari keterunan mbah sambu lasem yang selalu menomer satukan amal soleh dan peduli dengan lingkungan .
Garis keturunan beliau adalah putri pertama dari kiai Idris bin kiai Umar bin kiai Abdul Karim bin Ki Tawangsa bin Ahmad bin Muhammad bin Abdurrahman yang populer dengan sebutan mbah sambu lasem.
Sang ayah kiai Idris adalah putra dari pengasuh pondok di daerah gagaan cepu jawa tengah.selain mengaji pada ayah nya beliau juga pernah mengenyam pendidikan pesantren di daerah cirebon jawa barat.
Sekembalinya dari pesantren beliau mengajar di sekitar daerah cepu. Kehidupan beliau di jalaninya dengan penuh kesederhanaan, segala amaliah sehari hari sangat menunjukkan akan keluhuran budinya. Beliau sangat iKHlas dalam mendidik anak-anak sekitar untuk mengaji di masjid jami' cepu dan selalu berjuang untuk menjadikan putra-putri beliau menjadi orang yang alim dan dapat meneruskan estafet perjuangan para ulama.
Ibu beliau bernama rusmini bertempat tinggal di daerah cepu, ibu rusmini adalah sosok wanita yang rajin beribadah ,puasa senin kamis tak pernah ditinggalkannya. Dan riyadhoh merupakan kebiasaan yang selalu dijalaninya. Beliau juga istiqomah melakukan sholat tahajjud di tengah malam bersama suami, kyai idris. Bahkan bila anak-anaknya sedang ujian sekolah, maka sang ibu ini pasti berpuasa setiap hari hingga ujian selesai.
Menengok konsisten beliau dalam beribadah, tak mengherankan berbagai isyarat selalu dialami setiap hamil terutama saat mengandung bayi yang bernama masthi'ah, beliau merasa menerima cincin dari rosulullah saw di tengah keheningan malam mengiringi nyeyaknya tidur setiap maKHluk sejagat raya. Dan seketika itu beliau bangun dan merenung cikal bakal apa yang kelak lahir.
Dikemudian hari ibu rusmini berkunjung ke rumah kakeknya bernama KH. Siroj yang terkenal alim dan menceritakan perihal mimpi yang pernah dialaminya. KH. Siroj memaparkan dengan tersenyum menaruh harap dan yakin akan jabang bayi yang lahir menjadi sosok yang sholeh sholehah, yang tangguh dan tabah dalam menghadapi setiap problem. Melihat dan mendengar semua ini tak pelak kebahagiaan beliau begitu nampak di saat kelahiran sang bayi dan diberi nama masthi'ah atas pengarahan dan pemberian KH. Siroj yang tak lain adalah pamannya sendiri. Ibu Nyai Hj. Masthi'ah lahir pada tahun 1945 M disaat indonesia sedang dalam keadaan kemelut mempertahankan kemerdekaan, bersamaan pula sang kakek bernama kyai Umar mengemban tugas dari KH. Mahrus Aly Lirboyo sebagai prajurit untuk menumpas tentara sekutu yang ternyata diboncengi tentara belanda karena masih ingin menjajah nusantara tercinta. Tak aneh jika berpengaruh terhadap kejiwaan sang bayi.
Pasca kelahiran berkisar tiga hari kemudian kiai \umar sang kakek pulang dari medan pertempuran yang melelahkan, dan betapa bahagianya saat mendengar kabar kelahiran cucu pertama perempuan dengan spontan beliau berkata " waah…wes ora suwe aku iki, kabeh putuku lanang saiki wedok ( wah…cucuku semua laki-laki, sekarang telah lahir perempuan, maka hidupku tidak akan lama lagi) kebahagiaan beliau begitu kentara dengan selalu menggendong dan menimang serta menyayanginya. Tidak lama berselang, sang kakek kiai umar kembali keharibaan alloh swt.
Hari demi hari beliau telah berlalu, bulan dan tahun berganti mengiringi perkembangan sang bayi, tumbuhlah sang putri cantik nan jelita yang setiap mata tak jenuh memandang, tak peduli itu saudara yang keluarga maupun tetangga, hingga sang ibu jarang dapat menggendong dan memantaunya langsung, kelincahan dan kemuliaan budi pekerti beliau telah tumbuh semenjak beliaun masih kecil, sehingga setiap insan meresa senang dan selalu ingin mengajaknya bermain serta bersilaturohim, dan kebiasaan itu telah mendarah daging yang mengantarkannya menjadi sosok wanita yang fleksibel, menjadi panutan masyarakat ditempat kelahirannya dan juga disaat membina rumah tangga.
Pendidikan
Saat masih kecil, ibu Nyai masthi`ah menerima pendidikan dikampungnya cepu, dibawah asuhan ayah dan ibunya. Setelah itu mengaji kepadanya yang telahsekian lama berharap untuk dapat mendidiknya sejak kecil. Ibu Nyai masthi'ah selain sebagai keponakan, beliau adalah sosok santri yang istimewa dan disanyangi. Setelah dirasa cukup menginjak usia remaja sang ayah mengantarkannya untuk mencari ilmu di luar daerah dan masuk ke pondok pesantren termas, sebuah aerah yang kala itu banyak memunculkan tokoh-tokoh ulama handal, yang menguasai dalam segala bidang ilmu dan diantara yang termasyhur adalah KH. Mahfudz at – turmusy. Termas juga terkenal akan pesantren yang penuh tirakat, apalagi dengan kondisi penduduk sekitarnya yang makanan pokoknya dingkong diolah sebagai menu pokok setiap hari hingga zakat fitrah yang dikeluarkan di bulan Romadhon juga berupa songkong bukan padi atau beras.
Setelah tiga tahun lamanya menjalani kehidupan pesantren. Hal serupa dialaminya lagi yaitu sebuah predikat sebagai santri kesayangan diandangnya, berkat kemampuannya menempatkan diri pada posisi sebagai wanita sholihah, dan kegigihan cengkir (kencenge piker) tak sedikit kawan-kawannua yang menilai ibu Nyai masthi'ah adalah sosok wanita cerdas, gesit, lincah, pantang menyerah dan peduli pada sesama. Semua ini beliau miliki karena suatu tuntutan keadaan yang mengharuskan untuk tidak bergantung pada orang lain dan harus mengurus adik-adiknya yang masih kecil.
Dari termas inilah ibu Nyai masthi'ah telah terbiasa dengan kemandiriannya, tirakat, makan makanan tiwul (makanan yang berbuat dari gaplek) selama tiga tahun begitu pula berbagai riyadhoh serta perjuangna lain yang menjadikan seseorang dapat menahan diri dari melakukan perbuatan yang tidak terpujii dan bersikap arif dalam setiap situasi dan kondisi.
Sekembalinya dari termas, setiap ada kesempatan tholabul ilmi tidak akan disia-siakannya. Kepopuleran KH. Ma'shum lasem yang alim dalam bidang al-qur'an dan tafsirnya menjadian nurani ibu Nyai mashti'ah terketuk untuk pergi belajar dan berkhidmah kepada ahlil ilmi.
Setiap hari belajar al-qur'an bersama ibu Nyai Nuriyah Ma'shum dan keilmuan lain juga beliau terima terlebih ilmu haliyah (tingkah laku) banyak beliau peroleh melalui tata cara mendidik dan segala bentuk keseharian yang dipenuhi dengan nuansa keilmuan. Segala bimbingan dan perintah dijalani dengan penuh tawadhu' dan selalu mengambil hikmah untuk bekal kembali ke kampung halaman yang kala itu masih hangat-hangatnya faham komunisme dan bertekad kelak ilmu yang diperoleh akan ditularkan kepada putra-putrinya demi mengibarkan bendera islam.
RUMAH TANGGA
Kecintaannya terhadap lingkungan dan berbagai disiplin ilmu membuat setiap mata meneropong, tak mengherankan juga dalam masa mudanya, banyak laki-laki yang datang kepada Kyai Idris untuk meminangnya. Tetapi yang mendapat kebahagiaan untuk meminangnya adalah KH. Abdul Qodir dari Kudus.
Sebagaimana kisah yang diceritakan dimuka, Kyai Idris adalah orang yang mahir dalam bidang Al-Qur'an. Suatu hal yang wajar bahwa Kyai Idris menerima KH. Abdul Qodir sebagai menantunnya setelah melalui proses yang sangat selektif. Dikisahkan Kyai Idris sebelum menerima menantu terlebih dahulu menguji sendiri akan keahlian dalam bidang Al-Qur'an yang dimiliki oleh KH. Abdul Qodir. Di kemudian hari akad nikah mengikuti sunah Rasul dilaksanakan dengan Khidmah.
Indahnya kehidupan dengan rajutan cinta yang selalu mengalir menelusuri waktu yang kian melaju kedepan. Kebahagiaan kedua pasangan selalu tersenandung dalam butiran-butiran doa, mengaharap kekalnya mawaddah hingga akhir hayat dan bertemu kembali dipertamanan surga. Bahtera rumah tangga terasa semakin berarti dengan lahirnya putri pertama bernama Nurus Shobah, sebuah anugerah dari-Nya sebagai amanah yang harus diembannya.
Perjalanan hidup tak ubahnya alam semesta yang terus tidak ada sesuatu di dunia ini yang tetap pada tempatnya. Bumi bergerak mengitari matahari, bulan bergerak mengitari bumi, bahkan mungkin matahari pun bergerak mengitari planet lain yang lebih besar. Semua berjalan menurut kekuasaan dan kehendak Allah SWT yang Maha Bijaksana. Senada dengan itu mahligai rumah tangga bahagia yang telah dibina, bersamaan dengan kehamilan yang kedua, Allah berkehendak lain. Memang inilah sunnatullah yang harus dijalani Ibu Nyai Masthi'ah dengan ikhlas dan tabah.
Semasa menjanda, dengan kondisi hamil ternyata tidak sampai mengurangi rasa cinta dan kepeduliannya pada lingkungan, semangat juang untuk syi'ar Islam semakin berkobar, dalam benaknya selalu berfikir dan merenung bagaimana caranya Islam dapat tampak ramai di bumi Cepu, mengingat faham komunis masih dominan dan harus dicarikan jalan keuluar sehingga setiap ada kesempatan yang berbau syiar Islam, Ibu Nyai Masthi'ah selalu eksis dan eksistensinya pun begitu nampak dengan bergelutnya beliau pada organisasi yang menunjang aktifitasnya. Sebagai contoh ikut meramaikan perlombaan qiro'ah Al-Qur'an sekabupaten Blora yang ulang dengan acungan jempol, senyuman manis karena berhasil meraih juara satu tingkat kabupaten, kemudian dengan berjalannya waktu yang sarat akan perjuangan sebuah majlis ta'lim mulai dari anak-anak hingga para ibu telah dirintisnya.
Kehidupan mengisi kita dan membawa kita dan membawa kita dari satu tempat ke tempat lain, nasib menggerakkan kita dari satu titik ke titik lain. Berkat berkaca pada pengalaman selama belajar dulu dan perpijak pada situasi waktu itu apalagi hangat-hangatnya faham komunisme dengan langkah pasti selepas kelahiran sang jabang bayi yang diberi nama Nur Laila, Ibu Nyai Masthi'ah meneruskan dakwahnya. Dalam setiap langkah, beliau jalani dengan penuh kelembutan yang selalu menaruh harapan akan sinar hidayah Islam dapat berlabuh di hati setiap insan, hingga berhasil meluluhlantakkan nurani dua orang yang berkebangsaan Tionghoa untuk memeluk Islam dan beliau menuntunnya langsung pembacaan dua kalimah syahadat dan hingga sampai saat ini salah satu dari orang tersebut masih hidup di wilayah Cepu dengan nama Ibu Dasih.
Sebagai manifestasi rasa Syukur kepada Allah Dzat Al-Halim dan ucapan terima kasih kepada Ibu Nyai Masthi'ah akan bimbingannya dalam menuntun kepada Dinul Islam, kedua orang Tionghoa merelakan rumahnya yang terbilang mewah saat itu untuk dijadikan majlis taklim dan kegiatan sosial keagamaan lainnya yang telah diasuh oleh Ibu Nyai Masthi'ah pada masa itu.
Meskipun kegiatan di luar rumah begitu padat, perhatiannya pada akik-adiknya seakan tak pernah surut. Mengais rizki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga dilaluinya dengan perjuangan. Sementara status janda tidak sampai menumbuhkan rasa pesimisme dalam dirinya. Dan tanpa disadari segala upaya dan aktifitas yang telah dijalaninya ternyata menarik simpati setiap insan. Banyak yang ingin meminang beliau, tapi belum ada yang diterima karena trauma akan kegagalan rumah tangga. Hingga akhirnya datang pinangan dari Putra KH. Zubair dari Sarang Rembang bernama KH. Maimoen Zubair yang tertarik akan jiwa juang dan kemuliaan hatinya. Maka datanglah beliau ke kediaman Kyai Idris untuk meminang putrinya.
Bagai dayung bersambut, maksud KH. Maimoen Zubair ini langsung diterima dengan senang hati oleh Kyai Idris, karena sudah diketahui akan kealimannya. Disamping juga sebagai guru dari saudara Ibu Nyai Masthi'ah yaitu Kyai Taftazani yang waktu itu mondok di Sarang, selain itu sebelumnya Kyai Idris sempat sowan kepada Mbah KH. Hamid Pasuraun yan bertujuan untuk mengutarakan problem rumah tangga putrinya. Beliau didawuhi oleh KH. Hamid dan sebelum sempat mengutarakan maksud kedatangannya "pulang sana! Mau diambil oleh wali tertutup kok malah kesini."

1 komentar: